Salep Obat Digigit Tungau Kasur Di Apotik

Merasa gatal-gatal dan ruam merah di beberapa bagian kulit ketika bangun tidur ?? Mungkin anda terkena gigitan tungau kasur atau tumila. Segera sembuhkan dengan Salep Obat Digigit Tungau Kasur Di Apotik ini sebelum semakin menyebar dan parah.

Tahukah anda ?? Tungau dan tumila ternyata 2 hewan yang berbeda namun sama-sama menimbulkan gatal apabila menggigit. Mungkin sebagian dari anda ada yang menyangka kedua hewan ini sama bukan, tapi tidak demikian.  Lihat saja gambar dibawah ini, jauh berbeda bukan ?? Baiklah, dari pada bingung, lebih baik simak dulu perbedaan antaran kedua hewan ini.

Perbedaan Tumila Dan Scabies Yang Jarang Orang Ketahui

Salep Obat Digigit Tungau Kasur Di Apotik

Dibeberapa daerah di Indonesia, tumila memiliki berbagai nama yang berbeda. Ada yang menyebutnya kutu busuk, kepinding bahkan ada yang menyebut bangsat. Hewan ini termasuk kedalam serangga parasit yang berkeluarga dengan spesies Cimicidae.

Sedangkan tungau sendiri makhluk kecil berkaki delapan yang masuk kedalam keluarga Acarina. Meski ukurannya sangat kecil, menurut para ahli ternyata tungau ini tidak bisa dikatakan sebagai kutu loh. Jika dilihat dari kekerabatannya, tungau justru sama dengan laba-laba, mungkin karena kaki nya banyak yaa.

Kamu tahu penyakit scabies ?? Tungau ini lah yang menjadi penyebabnya. Seseorang yang terkena gigitan tungau akan menderita penyakit scabies, penyakit gatal-gatal yang sangat sulit hilang nya. Tidak akan mudah sembuh hanya dengan berendam di air panas atau menggunakan salep obat resep dokter.

Tidak mengherankan jika tungau sulit untuk di basmi. Menurut para ahli saja, hewan ini diperkirakan sudah ada sejak 400 juta tahun di dunia ini. Jadi wajar saja jika gatal-gatal akibat tungau ini memerlukan waktu yang lumayan untuk pengobatannya.

Tungau bukan hanya menggigit dan meninggalkan ruam serta gatal-gatal loh, makhluk ini ternyata juga bersarang di kulit penderitanya. Kamu menderita scabies ?? Coba perhatikan ruam merah nya, memanjang seperti jalur bukan ?? Nah didalam ruam merah tersebutlah tungau bersarang, berkembang biak sampai menetaskan telur.

Sedangkan tumila hanya menghisap darah manusia dan efek nya mengakibatkan gatal dan ruam merah. Namun meski begitu, banyak orang yang was-was takut kena gigitan tumila, sehingga kualitas tidurnya menurun. Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang kasur nya sudah di penuhi dengan tumila.

Apalagi Perbedaan Antara Kedua Hewan Ini ??

Salep Obat Digigit Tungau Kasur Di Apotik

Tentu ada, kamu masih belum tahu bukan ukuran dari kedua hewan ini ?? Tumila biasanya memiliki ukuran yang cukup besar hingga bisa dilihat dengan mata telanjang, apalagi tumila yang sudah dewasa. Namun untuk tungau sendiri, untuk melihat nya, kamu memerlukan alat mikroskop. Tidak mengherankan, lantaran ukurannya sendiri hanya sekitar 0,1 hingga 0,3 milimeter, sedangkan tumila berukuran 5-15 mm.

Kemudian hewan tungau memiliki bau yang cukup menyengat alias berbau busuk, apalagi ketika ia dibunuh, dari tubuhnya keluar aroma bau. Kamu yang sering menemukan dan membunuh hewan ini pasti tahu bukan bagaimana bau nya ?? Untuk tungau, saya rasa tidak memiliki bau apapun. Bagaimana mau menciumnya, melihatnya saja tidak bisa.

Nah itulah tadi beberapa perbedaan dan ciri-ciri umum dari kedua hewan parasit ini. Jadi mulai sekarang jangan salah paham lagi yaa, meski efek dari kedua gigitan hewan ini hampir sama namun penyebabnya berbeda. Lalu bagaimana cara mengobati gigitan akibat tungau dan tumila ??

Kedua hewan ini sering di temukan dan bersarang di tempat-tempat yang lembab dan kotor. Kasur dan sofa atau kursi merupakan tempat yang sering dijumpai tumila dan tungau. Tapi hewan-hewan ini bisa juga hinggap di pakaian, handuk atau benda-benda lainnya.

Nah dari pada mengobati kulit yang terkena gigitan tungau dan tumila, lebih baik atasi dulu penyebab utama nya. Apa itu ?? Yakni tempat bersarangnya kedua hewan itu. Berikut dibawah ini cara membasmi tungau dan tumila dengan cepat :

Rajin Mengganti Sprei Dan Selimut

Sprei dan selimut merupakan tempat yang sangat nyaman untuk di tinggali lantaran lembab dan sering digunakan ketika tidur. Dengan begitu, tumila dan tungau akan dengan mudah nya mengisap darah kamu ketika tidur.

Ganti sprei dan selimut se sering mungkin, bahkan kalo bisa 1 minggu sekali. Setelah diganti, cuci kain tersebut dengan air panas yang di tambahkan deterjen antibakteri dan jamur. Pastikan kamu menjemurnya dibawah matahari yang sangat terik, ini efektif untuk membunuh hewan-hewan tadi sampai telur nya.

Jaga Tempat Tidur Agar Tetap Bersih

Umumnya para anak kost, sangat malas untuk membersihkan tempat tidurnya sendiri, apalagi laki-laki. Kotor nya tempat tidur menjadi incaran sarang untuk di tinggali tungau dan tumila. Mulai sekarang, selain merapikan kembali selepas tidur, rajin menjemur tempat tidur, paling tidak sebulan sekali.

Membersihkan Kasur Menggunakan Vacuum Cleaner

Ketika mengganti sprei kasur, jangan dulu memasang sprei baru. Jika memiliki vacuum penyedot debu, gunakan alat itu untuk menyedot semua bagian kasur. Tumila biasanya bersarang di celah-celah kasur.

Dengan menggunakan alat ini, bukan hanya debu dan kotoran lain yang terangkat, tungau juga ikut terhisap. Proses penyedotan ini biasanya dilakukan setelah menjemur kasur. Salep Obat Digigit Tungau Kasur Di Apotik

Taburkan Gel Silika Ditempat Yang Terdapat Tumila

Kamu tahu bungkus aneh yang selalu ada ditiap botol obat ?? Nah itu yang dinamakan gel silika. Benda tersebut bertujuan untuk menjaga kelembaban dari suatu produk agar tidak mudah berjamur.

Menaburkannya ke kasur atau kursi bukan agar menjadi lembab, tumila justru akan menempel dengan sendirinya pada gel ini. Tidak percaya ?? Coba saja praktikan.

Menggunakan Kulit Durian

Manusia saja apalagi yang tidak suka durian pasti pusing jika mencium aroma dari buah ini. Apalagi hewan kecil seperti tumila dan tungau, tentunya akan klenger bahkan sekarat. Selepas mengonsumsi durian, jangan langsung membuang kulit nya, tapi bisa menyimpannya dekat tempat yang ada tumilanya.

Tapi ingat, jangan sembarang menyimpannya karena bisa terinjak bahkan tertendang oleh orang yang tidak tahu. Simpang dibawah kasur atau kursi agar aman. Salep Obat Digigit Tungau Kasur Di Apotik

Menggunakan Jus Bawang

Ini juga sama yaitu memanfaatkan bau dari bawang. Bukan menyimpan bawang secara utuh yaa, melainkan membuatnya menjadi jus. Blender bawang merah dan putih kemudian oleskan di tiap celah tempat tidur atau sarang tumila lainnya.

Nah itulah tadi beberapa cara membasmi atau menghilangkan tumila dan tungau sampai tuntas tanpa sisa. Jika anda sudah menggunakan berbagai cara atau tumila sudah bersarang sampai bertahun-tahun, coba lakukan cara-cara diatas.

Setelah penyebab dari gatal-gatal nya hilang, gigitan akibat tungau atau tumila hanya tinggal disembuhkan dengan salep atau obat dokter. Obat atau salep untuk menghilangkan gatal akibat gigitan tungau banyak dijual di apotik-apotik dekat rumah kamu. Semoga bermanfaat 🙂

Salep Obat Digigit Tungau Kasur Di Apotik

Sumber

https://id.wikipedia.org

https://vitaminpenggemuk.net/category/artikel-lain/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via Whatsapp